Senin, 04 April 2011

Uma Lengge

Saya termasuk awan tentang Budaya Bima.  Tetapi saya selalu mengamati perkembangan budaya bima akhir-akhir ini terutama Bangunan Tradisonal Bima.  Saya sedikit prihatin dengan perkembangan bangunan-bangunan hasil kreaksi arsitek-arsitek Bima. Lihat, Ktr Walikota Bima, adakah nuansa  ke-bimaan yang muncul? Kebudian coba kita cermati pula bangunan-bangunan rumah tinggal di wilayah Bima Raya-Dompu. Luar biasa!  Teman saya bilang, bangunan-bangunan rumah tinggal di Bima-Dompu hampir mirip dengan ornamen-ornamen pada "Kuburan Cina" (maaf!).

Adakah kita mencoba melirik bangunan "Uma Lengge" di Wawo, atau "Uma Ncuhi" di Donggo?  Jika saja  Uma Lengge maupun Uma Ncuhi dijadikan inspirasi Rancangan Rumah Tinggal atau Gedung Perkantoran, saya yakin melalui sentuhan tangan-tangan trampil kawan-kawan arsitek akan menjadi sangat modern...., Wow...bagaimana indahnya ya?????

Tidak ada komentar:

Posting Komentar